Penyakit Akibat Nyamuk


Di daerah Northern Territory (NT) ada lebih dari 100 spesies nyamuk, tetapi hanya sekitar 20 yang merupakan nyamuk hama atau nyamuk yang menimbulkan masalah. Nyamuk hidup dan berkembang biak dalam berbagai lingkungan hidup. Adasejumlah spesies yang sanggup menyebarkan penyakit yang mungkin berbahaya bagi baik manusia maupun binatang peliharaan. Keterpaparan pada banyak nyamuk akan meningkatkan risiko terjangkit penyakit yang dibawa oleh nyamuk.
Penyakit apa yang disebarkan oleh nyamuk di NT?
Penyakit virus radang otak Murray Valley
Ini merupakan penyakit yang jarang tetapi dapat menyebabkan keadaan sakit parah dan kematian. Ciri gejalanya adalah sakit kepala, demam dan kebingungan dan disebarkan oleh nyamuk belang biasa (Culex annulirostris). Perjangkitan penyakit terjadi secara sporadis menjelang akhir musim hujan dan awal musim kering. Biasanya ada satu dua kasus dalam satu tahun di NT.
Penyakit virus Kunjin
Ini juga merupakan penyakit yang mirip dengan radang otak Murray Valley tetapi biasanya lebih ringan. Virusnya juga disebarkan oleh nyamuk belang biasa.
Penyakit virus Ross River
Penyakit ini yang mampu menguras tenaganya penderitanya menimbulkan bintik-bintik pada kulit, demam, persendian bengkak dan sakit dan disebarkan oleh beberapa spesies nyamuk termasuk nyamuk rawa payau (Aedes vigilax). Biasanya terjadi 250 sampai 450 kasus setiap tahun di NT.
Penyakit virus Barmah Forest
Penyakit ini mirip dengan penyakit virus Ross Rivertetapi biasanya lebih ringan dan lebih jarang. Biasanya ada 50 sampai 130 kasus setiap tahun di NT.

Penyakit apa yang juga disebarkan oleh nyamuk, tetapi BUKAN di NT?
Kasus malaria terakhir setempat terjadi pada tahun 1962 di NT, dan Australiadinyatakan bebas malaria pada tahun 1981.
Walaupun nyamuk yang sanggup menyebarkan parasit malaria berada di NT, penyakitnya telah dimusnahkan.
Parasit malaria bisa dimasukkan kembali ke NT oleh orang yang terinfeksi yang pulang atau yang berkunjung dari luar negeri dan menjangkiti nyamuk Anopheles setempat. Oleh karena itu bagi orang yang baru kembali dari daerah yang terjangkit malaria sangat penting agar mereka mencari perawatan dokter secara urgen kalau mereka menunjukkan gejala-gejala malaria (demam, keringat malam, nyeri otot, sakit kepala, muntah-muntah). Orang yang berencana mengunjungi negara yang terjangkit malariamesti berkonsultasi dengan dokternya mengenai obat pencegahan malaria dan anti-malaria.
Aedes aegypti, spesies nyamuk yang sanggup menyebarkan demam berdarah telah menghilang dari NT pada tahun 1950-an dan tidak ada kasus demam berdarah yang terjangkit di NT sejak waktu itu.
Baru-baru ini nyamuknya telah berinvasi ke Groote Eylandt pada tahun 2006, dan ke Tennant Creek pada tahun 2004 dan sekali lagi pada tahun 2011. Peristiwa-peristiwa ini telah mengakibatkan adanya program tegas untuk pembasmian nyamuk Aedes aegypti.
Selama nyamuknya tetap berada di Tennant Creek, transmisi demam berdarah bisa terjadi seandainya orang yang sementara mengidap demam berdarah yang aktif datang ke Tennant Creek lalu digigit.Risiko ini sangat rendah sekali. Walaupun demikian, amat sangat penting bahwa nyamuk ini tidak boleh menjadi penghuni tetap di Tennant Creek dan jentiknya atau telurnya tidak diangkut dalam tempat simpan barang dari Tennant Creek ke kota-kota lain di NT.
Tetapi nyamuk Aedes aegypti ditemukan di negara tetangga dan di Queenslandutara dan mungkin dapat dimasukkan ke lokasi-lokasi lain di NT. Jangan membawa ban bekas, tatakan pot atau tempat simpan barang lain yang telah menyimpan air masuk ke daerah NT dari Queensland utara, karena mungkin menampung telur yang tahan kemarau. Demam berdarah bercirikan gejala demam, sakit kepala dan nyeri otot dan persendian yang keras.
Radang otak Jepang
Virus radang otak Jepang tidak ditemukan di NT; tetapi nyamuk yang sanggup menyebarkannya ada. Radang otak Jepang adalah penyakit yang bisa mematikan dan telah ditemukan di Australia untuk pertama kalinya pada tahun 1995. Sejak waktu itu pernah ada sekitar 5 kasus yang dilaporkan di Australia, terutama di daerah Selat Torres.
Chikungunya
Penyakit Chikungunya adalah penyakit yang mirip dengan penyakit virus Ross River. Ditemukan terutama di Afrika barat dan timur, di sekitar Samudera Hindia, Asiadan Asia Tenggara. Biasanya disebarkan oleh nyamuk demam berdarah (Aedes aegypti) tetapi mungkin dapat disebarkan oleh nyamuk setempat di NT. Pelancong yang menunjukkan gejala mesti menemui dokternya untuk pemeriksaan darah. Langkah apa yang diambil untuk mencegah penyakit yang dibawa nyamuk di NT?
Medical Entomology (Unit Ilmu Serangga Medis), bekerja sama dengan petugas kesehatan lingkungan dan pemerintah lokal, menyelenggarakan pengawasan nyamuk, program pengamatan dan pengendalian di kotakota utama, beserta memberi nasehat dan menjalankan program kesadaran masyarakat akan nyamuk. Langkah apa yang dapat diambil untuk perlindungan terhadap penyakit yang dibawa nyamuk?
Pembasmian tempat perkembangan biak di sekitar rumah beserta langkah-langkah perlindungan pribadi agar menghindari gigitan merupakan cara terbaik untuk mencegah penyakit yang dibawa nyamuk.
Langkah-langkah untuk perlindungan pribadi :
Rumah : di pasang kasa nyamuk pada jendela dan pintu. Model pintu tertutup sendiri ketika lupa menutupnya, dan arah bukanya ke arah luar.
Kegiatan di luar rumah (berkemah) : pakai penolak anti nyamuk, pakai pakaian longgar, tertutup (celana panjang, baju tangan panjang, dan kaus kaki) dan berwarna cerah.
Lokasi : hindari tempat nyamuk beraktivitas seperti rawa, air
Lingkungan : buang semua tempat yang dapat membuat genangan air hujan
Kolam ikan : pastikan bahwa kolam ikan itu banyak ikannya, dan pinggiran kolam bersih dari rumput-rumput
Kolam renang : pastikan air kolam renang penuh dan tidak ada saluran yang bocor
Genangan air : timbun genangan air, atau buat air bebas mengalir ke saluran air yang ditentukan
Bak penampungan air hujan : pastikan penutup penampungan air hujan tertutup oleh kawar kasa agar nyamuk tidak dapat menyentuh air dalam bak. Pastikan tidak ada genangan air di permukaan bak.
Anti nyamuk : gunakan butiran, serbuk, ataupun cairan untuk dapat menangani pengendalian bibit nyamuk, jentik-jentik nyamuk, dan nyamuk dewasa.